LOGO

LOGO
LOGO PARKIR

Senin, 08 Desember 2008

CATATAN KEDUA

SAAT COBA MENJEMPUT


t.a.k.d.i.r.
ya .... kata itulah
yang pertama akan aku kisahkan
Kata
Yang mungkin dapat mewakili
Pada apa yang aku dapatkan
Pada apa yang aku HARUS panggul
Di usia kepala tiga ini!

14092005
20.04 WIB
Bapa,
ada apa dengan tubuhku ini?
Aku merasa makin lama makin ada yang ‘tidak beres’ dengan tubuhku ini!
Tapi aku tidak tahu apa yang terjadi ...
Bapa,
Beri aku kekuatan dan kesehatan!

“Ada apa dengan saya, Dok?”
“Hmmm ... berdasarkan Riwayat Kesehatan yang ada ... sepertinya tidak ada yang serius pada kondisi kesehatan Pak Karel” dokter Herman memeriksa lembaran-lembaran Catatan Riwayat Kesehatan kepunyaanku yang ada di hadapannya.
“Tapi ... Dok! Saya merasa akhir-akhir ini sering merasa ada yang tidak beres dengan tubuh saya ini ... ada apa ya Dok?”
“Ya ... ya ... Anda sering demam dengan keringat dingin belakangan ini! Kemudian Berat ... hmmm ... cepat merasa capek ...”
“Benar Dok! Tadinya saya pikir karena darah rendah atau akibat terlalu capak aja... Cuma kok intensitasnya semakin lama makin sering Dok ... padahal sejak dua minggu ini saya selalu rutin mengkonsumsi suplemen penambah darah ... jangan-jangan ada penyakit lain Dok?”
“Begini saja Pak Karel ... sebaiknya Anda melakukan tes kesehatan secara menyeluruh saja di laboratorium di rumah sakit ini! Saya akan berikan surat rujukannya, bagaimana Pak Karel?”
“Yaaahhh ... bagaimana baiknya saja Dok! Saya akan lakukan saran Dokter”
“Baik ... saya akan buatkan dan untuk sementara sebaiknya Pak Karel jangan terlalu lelah dalam berkegiatan ...”
“Terima kasih ... Dokter!”

# # #

20092005
22.24 WIB
Bapa,
Entah ada apa dengan diriku ini ...
Tapi yang jelas aku merasa ada sesuatu yang bakal terjadi pada diriku
Sesuatu yang gak beres!
Ada apa ini, ya Bapa?
Aku takut sekali ...

“Karel ... Karel! Elo itu kadang-kadang suka nganeh-nganehin aja sih! Kayaknya dari sekian orang kaum sufi or kaum spiritualis yang gue kenal ... Cuma elo deh yang super aneh!”
“Gak tau deh Bert! Gue juga gak ngerti ada apa ... yang jelas intuisi gue bilang kalo bakal ada kejadian besar menimpa gue ...”
“Woooiii ... wake up! Wake up, Bro! Cukup gue punya temen sableng satu aja model Si BonBin itu! Eh ... elo sekarang mau ngikutin jejak dia! Oh God ... tolong hambaMu ini! Jangan Kau biarkan hambaMu yang sehat ini berteman dengan orang-orang yang gak waras dan akhirnya jadi ikut-ikutan gak waras!” Albert dengan ekspresif mengambil sikap tangan yang biasa dilakukan dalam proses berkomunikasi dengan Yang Maha Ada.
“Sialan ...! Elo dicurhatin bukannya kasih advice malah ngeledek!”
“Kan udah barusan! Bangun ... bangun ... Karelius Irghi Bramantyo! Dan nyebut nama Yang Di Atas ... hahaha ...” Albert tertawa lepas mencoba mencairkan suasana yang mulai terlihat aura kelam menyelimuti.
“Udah ah ...! Mending kita jalan-jalan sekalian hunting VCD Orgi. Kali-kali aja ada film dalam negeri baru yang udah keluar.”
“Sapa takut! Koleksi MP3 gue juga udah usang semua nih!” Aku segera menangkap maksud sobatku ini untuk menetralisir suasana. Supaya aku tidak tenggelam dalam ketakutan yang belum jelas apa bentuknya.

# # #

“Coy ... liat tuh! Mantap ... wuih ... ck ... ck ... ck ... goyang pinggulnya! Nah coba liat lagi tuh arah jam tiga ... waduh ... itu bodi ... mantap Coy ...” Albert memulai aksinya menikmati anugerah yang ia dapat sebagai seorang cowok. Ya ... anugerah untuk ‘cuci mata’ di tengah-tengah lobi sebuah Mal.
“Anjir! Gue dicuekin ...! Coy gue mau tanya ... elo emang udah mau jadi Vikaris terus bakal jadi Pendeta ... tapi bukan berarti elo jadi Frigid kan? ... Alias selera ama cewek jadi nguap entah kemana ...”
“Sial ... ! Dalam soal cewek gue gak bakalan kalah ama elo ... walaupun sampe sekarang masih aja JOMBLO ... hehehe ...”
“Alangkah senang hatiku ... mendengarnya! Akhirnya kembali juga kau jadi orang normal! Hahahaha ....” Albert tertawa lepas sekali. Tak peduli pada suasana yang sebenarnya cukup ramai itu.
“Udah ah! ... eh tuh liat arah jam 10! Elo pasti suka banget ama yang satu ini! Gue kan tau selera Kang Albert kayak apa...” Aku tersenyum sambil memberikan kode dengan lirikan mata ke arah seorang penjaja topeng mainan yang mengenakan kostum gorila.
“Mana ... mana ...? Yang jelas dong kalo ngasih petunjuk!” Dengan bersemangat Albert mendongakkan kepalanya. Celingak-celinguk ke arah yang aku tunjukkan.
“Itu ... yang pake item-item ... seksi abiiiss ...!” Aku masih menahan rasa geli melihat pancinganku berjasil dan ulah Albert yang seperti orang penasaran.
“Mana sih ...? Seksi ... pake item-i ... Anjir ... Anjir! Maksud lo itu ...”
“Hahahaha ....”
“Puas lo ... PUAS! Emang gue cowok apaan ...!”
“Hahahaha ...!” Aku masih tidak dapat menghentikan tawaku yang sampai terpingkal-pingkal. Skak mat kali ini kau Albert!
“Anjir ...! Hahahaha ...”
Maka tenggelamlah dua anak manusia itu dalam tawa berkepanjangan. Tawa dan sukacita yang mampu menenggelamkan perasaan-perasaan gundah atau ketakutan tak tentu yang bersarang di dalam hati. Begitulah.

# # #

“Bagaimana Dok ...?”
“Hasil Tes Kesehatan Pak Karel bagus! Tidak ada gejala-gejala yang serius ...” Dokter Herman mencoba lebih cermat lagi mengamati Laporan Hasil Tes Kesehatan milikku.
“Tapi ... kenapa saya sering demam dan keluar keringat dingin ... ya Dok?” Aku merasa lega sebenarnya mendengar penuturan dokter Herman. Namun, intuisi akan ada yang tidak beres terhadapku yang makin lama makin menguat dan itu membuatku masih saja dipenuhi rasa penasaran.
“Begitu ya ...” Dokter Herman melirik kepadaku.
“Coba saya lihat dulu Riwayat Kesehatan Pak Karel ... terutama akhir-akhir ini ...” Dokter Herman mengambil lembaran-lembaran lain dari dalam Map. Kemudian mencermati dengan lebih seksama.
“Pak Karel ... jangan tersinggung ya ... berdasarkan keluhan-keluhan yang Pak Karel alami, sebaiknya Pak Karel melakukan sebuah Tes Khusus ... itupun kalau Pak Karel berkenan ...” Terlihat sangat hati-hati sekali dokter Herman dalam menyampaikan apa yang diucapkannya. Kehati-hatian memilih kata yang membuatku menangkap ada sesuatu. Sesuatu yang gawat.
“Tes Khusus ... Dokter? Saya jadi tidak mengerti ...?”
“Ya ... Tes Khusus! Keluhan-keluhan yang dialami Pak Karel seperti sering dan cepat merasa capek ... sering demam dan mengeluarkan keringat tanpa sebab atau tiba-tiba ... berat badan yang menurun cukup banyak ... kemudian ada pembesaran kelenjar di leher kanan dan lipatan paha kanan Pak Karel! Itu sama seperti gejala-gejala awal oleh penderita ... nngg maaf ...” Dokter Herman agak kesulitan untuk memberitahukan kemungkinan penyakit yang aku derita.
“Penderita sakit apa Dokter ...?”
“Maaf ... penderita HIV-positif ... atau penderita AIDS ... dan Pak Karel ini barulah diagnosa awal dan untuk memastikannya perlu dilakukan Tes HIV/AIDS ...”
“AIDS ... dokter! Saya terkena AIDS ...”
“Belum tentu Pak Karel ... belum tentu ... sekali lagi ini hanya diagnosa awal!”
“Saya ... kena ...” Aku tidak melanjutkan perkataanku. Keterkejutan yang sangat, membungkam bibirku untuk berkata-kata lebih lanjut.
“Lebih baik Pak Karel menenangkan diri dulu ... Tes HIV/AIDS bisa dilakukan hanya dengan persetujuan yang bersangkutan ... kalau Pak Karel siap silakan menghubungi saya ... kapan saja!” Dokter Herman menangkap keterkejutan yang menghinggapiku dan mencoba untuk tidak menambahnya lebih jauh lagi.
“Ba ... ba ... ik Dokter! Terima kasih!”

01102005
22.21 WIB
GILA ...!
Perkataan dokter Herman tadi siang sungguh bagai petir
Yang menyambar dan menghantam
Diriku tanpa bisa berbuat apa-apa
Bapa,
Cobaan apa ini ...?
Ada kemungkinan aku terkena AIDS
Apa benar ... Bapa?
A I D S !
Penyakit kotor itu ...
Ada di dalam tubuh ini?
GILA ...!

04102005
07.06 WIB
Selamat pagi Bapa,
Pertentangan-pertentangan yang sedang aku alami
Perasaan-perasaan tak tentu yang tengah menghinggapiku
Penolakan-penolakan yang meraja

Ternyata ...
Semakin membuat aku tidak karu-karuan
Semakin menenggelamkan diriku pada ketakutan tak jelas arahnya
Bapa,
Mungkin memang sebaiknya aku mengikuti saran dokter Herman untuk melakukan tes
Mungkin memang sebaiknya aku berusaha untuk pasrah
Maka biarlah Engkau pimpin setiap langkah dan alur dalam kehidupanku
Amin.

“Halo ... selamat pagi! Dengan dokter Herman ...”
“Iya ... saya sendiri ... oh Pak Karel ya ... ada yang bisa saya bantu, Pak Karel?”
“Begini ... dokter! Saya sudah siap untuk melakukan tes khusus seperti yang dokter sarankan kepada saya ... Tes HIV/AIDS itu ...”
“Baik ... kalau begitu nanti siang jam dua belas ... Pak Karel bisa datang ke rumah sakit ... langsung saja ke ruangan saya ... karena ada beberapa prosedur yang perlu dilakukan untuk melakukan tes itu ... bagaimana?”
“Baik Dokter ... terima kasih ... sampai ketemu nanti siang ... selamat pagi!”
“Sama-sama Pak Karel ...”
“Klik ...”
Aku melanjutkan aktivitasku dengan membuka Alkitab dan membaca bagian yang memang telah aku tandai sebelumnya. Hehehe ... sebelum aku membaca, aku teringat kalau diriku telah beberapa hari ini seakan lupa untuk ber-Saat Teduh. Karel ... Karel! Ketakutan dan rasa tidak terima ternyata terlalu mendominasi hatimu dalam beberapa hari ini!, begitu batinku menggumam. Dan mulailah proses berkomunikasi dengan Sang Hyang Widhi aku lakukan.

# # #

“Selamat siang Pak Karel ... bagaimana kabar Anda?”
“Selamat siang Dokter! ... saya seperti yang Dokter lihat ...” Aku tersenyum penuh arti.
‘Baik ... silakan duduk Pak Karel! Langsung saja ... seperti yang Pak Karel katakan tadi pagi kalau Pak Karel bersedia untuk melakukan Tes HIV/AIDS ... nah, untuk melakukan Tes HIV/AIDS ada tahap-tahap yang perlu Pak Karel lalui ...” Dokter Herman mengambil beberapa lembar formulir dari atas meja kerjanya.
“Pertama ... ada lembar-lembar isian awal yang harus Pak Karel lengkapi ... ini sebaiknya Pak Karel pelajari terlebih dahulu ...”, dokter Herman menyerahkan lembaran-lembaran formulir yang tadi diambilnya kepadaku, “... untuk kemudian Pak Karel harus menjalani Konseling Pra-Tes ... waktunya nanti akan kita sepakati bersama ... tahap selanjutnya barulah tes bisa dilakukan ...”
“Baik dokter ... saya akan coba pelajari dulu formulir ini ...”
“Silakan Pak Karel ... perlu saya tekankan di sini bahwa untuk dapat melakukan Tes HIV/AIDS ... sepenuhnya harus ada persetujuan dari yang bersangkutan tanpa ada paksaan atau tekanan dan yang bersangkutan telah menjalani Konseling Pra-Tes, serta telah secara jelas mendapat gambaran berdasarkan informasi lengkap atau informed consent mengenai HIV/AIDS ... begitu Pak Karel ... keputusan mutlak ada di tangan Bapak ... saya dan pihak rumah sakit hanya berperan sebagai fasilitator ...”
“Terima kasih Dokter ... jadi saya dapat mengembalikan formulir ini kapan saja ...?”
“Tepat ... dan jika Pak Karel memutuskan untuk tidak melakukan tes ... tidak ada konsekwensi sama sekali ...” Dokter Herman tersenyum. Senyuman sebagai tanda tidak ada paksaan bagiku untuk harus melakukan Tes HIV/AIDS.
“Baik Dokter kalau begitu ... terima kasih banyak atas kerja sama dan pengertiannya ... selamat siang ...”
“Selamat siang Pak Karel ... oh iya Pak Karel ... ini ada beberapa brosur mengenai apa itu HIV/AIDS ... mungkin bisa membantu Pak Karel untuk lebih memahami HIV/AIDS secara lebih jelas ... silakan!”
“Terima kasih Dokter ...” Aku menyalami dokter Herman dan keluar ruang kerjanya. Lembaran-lembaran formulir beserta brosur yang diberikan oleh sang doketr aku masukkan ke dalam tas. Dengan masih termangu-mangu, aku menyusuri koridor demi koridor di dalam rumah sakit menuju pintu keluar. Sebenarnya aku butuh paling tidak seseorang untuk dapat menjadi pendengar setia. Pendengar yang dapat aku curahkan semua cerita tentang apa yang tengah aku alami saat ini. Namun, aku telah putuskan untuk tidak menceritakan pada siapa pun, paling tidak sampai semuanya jelas. Sampai semuanya terbuka apakah aku mengidap AIDS atau tidak. Walau tak urung kesesakan ini terus bertahta dalam hati. “Bapa, aku percaya bahwa Engkau akan selalu menjadi teman buatku!”.

# # #

Prosedur untuk Melakukan Tes
Setiap orang, baik yang merasa dirinya memiliki resiko terinfeksi HIV/AIDS maupun yang tidak, dapat melakukan Tes HIV/AIDS di laboratorium khusus di Rumah Sakit besar. Sebelum dilakukan pemeriksaan, orang yang akan melakukan pemeriksaan harus mendapatkan konseling pra-tes untuk kemudian membuat Surat Persetujuan Melakukan Tes dan Telah Mendapatkan Informasi Lengkap (Informed Consent). Setelah tes dilakukan, juga diharuskan untuk mendapatkan konseling pasca-tes yang memadai.
Tes HIV/AIDS dilakukan dengan mengambil contoh darah. Berdasarkan contoh darah yang diambil, akan dilihat apakah ditemukan antibodi HIV di dalam darah. Antibodi itu dibuat oleh sistem kekebalan tubuh sebagai reaksi terhadap infeksi oleh HIV. Apabila tidak ditemukan antibodi HIV, maka akan dinyatakan seronegatif atau HIV-negatif.
Perlu untuk diketahui, bahwa hasil tes dapat saja menunjukkan HIV-negatif apabila seseorang baru saja terinfeksi, karena setelah terinfeksi pembentukan antibodi memakan waktu sampai 3 bulan. Untuk itu, seseorang yang melakukan tes dan menunjukkan hasil HIV-negatif harus melakukan tes ulang pada 3-6 bulan berikutnya untuk memastikan dirinya benar-benar HIV-negatif.
Sementara, jika hasil tes menunjukkan HIV-positif. Orang tersebut sebaiknya melakukan tes ulang sebanyak 3 kali dan juga melakukan Tes Westen Blot untuk lebih memastikan.
Hasil pemeriksaan akan selesai dalam waktu kurang lebih satu minggu.

Aku menghembuskan napas panjang setelah membaca lembaran yang ada di tanganku. Sudah untuk yang ketiga kalinya aku membaca “Prosedur Melakukan Tes HIV/AIDS” ini, sampai-sampai aku hafal kalimat-kalimat yang tertera di sana. Namun, mungkin karena diserang oleh rasa takut yang berlebihan, aku seakan tak pernah bisa memahami tulisan-tulisan yang tertera.

06102005
21.57 WIB
Bapa,
Sekuat mungkin aku mencoba untuk tetap tabah menerima realita
Namun tak urung rasa takut itu tetap bersemayam
Rasa yang tentu saja menggelisahkan
Rasa yang sudah pasti mencemaskan
Bapa,
Berilah kekuatan untuk dapat menghadapinya!

25102005
00.24 WIB
GILA ... !
Benar-benar bagaikan tertancap pisau yang luar biasa tajamnya
Tanpa bisa aku hindari!
Seberapa pun kuatnya aku mencoba untuk tetap tegar
Tetap saja hatiku merasakan sakit yang sangat
Bukan semata karena memang aku dinyatakan ‘sakit’
Namun,
Sakit yang lebih dari sekadar penyakit yang diderita tubuh
Ya, ketika untuk keempat kalinya ...
Secarik kertas aku terima,

Tidak ada komentar: