LOGO

LOGO
LOGO PARKIR

Selasa, 20 Januari 2009

CATATAN KESEBELAS

UJUNG SEBUAH PERSIMPANGAN


23022010
04.18 WIB
Cah Ayu,
Nampaknya memang ini jawaban dariNya
Bahwa sebaiknya aku
Berhenti berharap
Akhiri semua asa ini
Bahwa sepertinya
Cah Ayu memang tiada teraih
Memang tak terjangkau
Oleh lengan-lengan lemah ini
Kepak-kepak sayap kecil ini
Bahwa sepertinya bukan kondisilah yang kejam
Bukan salah siapa siapa
Tapi ternyata ...
Akulah yang masih lekat dengan keakuan
Akulah yang berharap terlalu berlebihan
Akulah yang belum mau menerima kenyataan
Dengan hati terbuka
Akulah yang egois memaksakan kemauanku
Tanpa mempedulikan perasaan Cah Ayu
Maafkan ...
Ya, maafkan aku Cah Ayu!
Doakan semoga aku tidak salah dalam melangkah
Menyusuri tapak-tapak kehidupan ini
Bapa,
Kalau masih boleh ...
Biarlah aku simpan RASA SAYANG ini
Rasa Sayang pada Cah Ayu ini
Yang adalah Maria Magdalena Citra Dewi Anggini
Biarlah aku tetap memeliharanya
Tanpa pernah mengharapkan balasan
Yesus,
Iringi langkahku
Untuk tetap bergelut dalam dunia pelayanan
Sehancur
Seremuk redamnya hati ini
Biarkan rasa ini dapat aku pancarkan
Sebagai cerminan kasih daripadaMU
Cah Ayu,
Terima kasih buat semuanya
Semoga ulahku selama ini tidak membuat luka
tidak membuat tersakiti
tidak membuat beban
Aku senang Cah Ayu
Semakin bertumbuh dalam pelayanan dan dalam menapaki alur kehidupan
Teruslah begitu ...
Teruslah tumbuh
Teruslah mengembangkan sayap-sayap
Cah Ayu
Dalam tuntunan OUR LOVELY JESUS
Sementara aku ...
Setidaknya aku akan selalu mencoba
Untuk tetap tersenyum
Untuk tetap terus bersyukur
Bahwa paling tidak
Aku masih dianugrahi RASA SAYANG
Yang akan aku coba
Untuk terus
Aku tempatkan dalam hati ini
Rasa yang tidak menuntut
Rasa yang tiada buta
Rasa yang selalu mencoba untuk mengerti
Rasa yang selalu mencoba untuk memberi
apa yang bisa diberikan
tanpa memusingkan balasan
Rasa yang tidak memaksakan
Bapa,
Terus bimbing Cah Ayu
Agar Cah Ayu dapat menjadi anakMU
yang senantiasa memancarkan
Cahaya kasihMU
Agar Cah Ayu dapat terus bertumbuh dan berkembang
Dalam ketegaran iman
Kelembutan hati
Ketulusan jiwa
Kerendah hatian
Dalam gandengan tanganMU
Amin.
Cah Ayu,
Terus belajar ya
Tetap semangat dalam berpelayanan
Jangan lupa minum air putihnya
Jangan bolong lagi SATE-nya
(belagu nih kayak yang rajin SATE aja hehehe ...)

Dewi berhenti sejenak membaca lembaran-lembaran tulisan tangan yang sangat ia kenal. Tulisan tangan khas yang agak sulit dibaca sebenarnya namun karena Dewi sudah sedemikian sering melihat dan membacanya, dirinya tak menemui kesulitan sedikitpun untuk menyimak deretan-deretan aksara yang ada.
“Kak Karel... benarkah ini ungkapan hati Kakak yang sesungguhnya?” Dewi masih termangu-mangu seakan tak percaya pada rangkaian aksara yang tengah dibacanya.
“Dewi sama sekali tidak pernah menyangka akan apa yang tertulis di sini! Benar Kak Karel! Sunguh-sungguh di luar dugaan!” Perempuan berwajah manis tersebut menggeleng-gelengkan kepala mendapati kenyataan melalui tulisan-tulisan yang ada. Kenyataan bahwa laki-laki yang selama ini dekat dengan dirinya dan sudah menjadi sosok seorang kakak ternyata memiliki rasa yang ‘lain’. Rasa yang sama sekali tak pernah disangka-sangka olehnya.


09032010
23.36 WIB
Cah Ayu,
Apa kabar adik kecilku?
Memang susah ya ...
Untuk mencoba mencabut sesuatu yang sudah merekat
Untuk coba menarik sesuatu yang sudah terlanjur melekat
Sungguh!
Aku sama sekali gak ngerti ...
Inikah yang dikatakan CINTA SEJATI
Atau hanya EGO belaka?
Tapi satu hal yang pasti!
Bahwa aku akan coba sekuat daya dan tenaga yang aku punya
Untuk tidak pernah mempermasalahkan ‘sayang’ ini lagi
Ya ... Cah Ayu,
Biarlah cukup aku yang merasakan
Sedih
Gundah
Gelisah
Gak karu-karuan
Ini ...!
Cah Ayu,
Terus berjuang ya ngadepin semua yang terjadi!
Ngadepin perkuliahan yang nambah berat
Ngadepin tugas2 dan juga tuntutan2 hidup yang ngerepotin
Ngadepin dunia pelayanan yang butuh ekstra kesabaran
Ngadepin situasi yang serba menyulitkan
Ngadepin tempaan-tempaan hidup
Ngadepin aku ... mungkin
Don’t give up ... Cah Ayu
Dan aku yakin Cah Ayu pasti tidak akan menyerah
Good luck ya adik kecilku ...
Doaku selalu menyertai


11032010
00.37 WIB
Bapa,
MisteriMU ini sungguh tak pernah bisa aku jangkau
Aku benar-benar gak tau lagi
Apakah ini cuma keegoisanku
Atau ... memang harus begini lakon yang aku jalani?
Yang jelas ...
Seberapapun kuat
Keras
Dan hebatnya
Aku mencoba
Untuk membuang
Untuk menerima kenyataan

Sekuat itu pula
Rasa ini melekat erat
Tak kunjung mau beranjak pergi!
Cah Ayu,
Aku sayang Cah Ayu
Dan aku sama sekali tak berdaya untuk membunuhnya!
Dan lengkaplah
Lara melanda rapuhnya jiwa
Ketika pertemuan-pertemuan
Yang tak dapat aku hindari
Terjadi hari lepas hari
Waktu demi waktu
Demi sebuah komitmen
Pada apa yang dinamakan PELAYANAN
Cah Ayu,
Aku gak tau
Sampai berapa lama lagi aku mampu bertahan
Dengan ini semua
Sungguh!
Kalau bisa ... aku ingin semua ini lalu dari hadapan
Cah Ayu,
Perasaan sayang yang mengasyikkan sekaligus menyesakkan
Tanpa aku mampu untuk melawannya
Laksana ...
Biduk kecil yang harus tetap berlayar
Dengan layar tercabik-cabik kesesakan yang amat
Dan senantiasa bertemu dengan hembusan angin
Yang adalah dikau ... Cah Ayu
Hembusan menyejukkan
Sekaligus merobek-robek layar serba rapuh
Sebuah kebahagiaan bersanding dengan kesedihan
Tanpa terelakkan
Tapi begitulah adanya
Cah Ayu,
Kalau boleh ... ijinkan aku
Sekali saja aku belai rambut hitam terurai
Wajah ayu meneduhkan
Serta kugenggam erat jemari lembut
SEDETIK saja
Sebagai obat pelipur perih
Nan menyengat
Bolehkah?

“Ya Tuhan ... Kak Karel!” Tanpa terasa lelehan butiran-butiran bening keluar dari sepasang mata bening milik sang gadis. Dirinya terbawa oleh perasaan yang sukar sekali digambarkan dengan kata-kata. Pertanyaan-pertanyaan tanpa jawab yang bersliweran di dalam benaknya terus saja meluncur dan berkecamuk tanpa bisa dikendalikan.
Ketidaksengajaan Dewi menemukan 3 lembar kertas di antara tumpukan buku-buku milik Karel yang bergeletakan tak beraturan di meja kerja itu, berujung pada membuka dan menguaknya apa yang selama ini tersimpan dengan rapat. Entah mengapa malam ini Dewi begitu ingin untuk merapikan buku-buku itu, walaupun sebenarnya memang sudah bukan hal baru lagi jika meja kerja Karel di Sekretariat Komunitas selalu berantakan dengan buku-buku dan kertas-kertas penuh ragam.
“Harus bagaimana selanjutnya aku harus bersikap? Aku toh tak mungkin mengabaikan begitu saja rahasia yang telah aku ketahui ini! Apalagi ini menyangkut dengan diriku ...”

# # #

“Halo ... Dewi ...!”
“Iya ... Kak Karel ... ada apa?”
“Wah kemana aja nih ...? Kok lama gak keliatan ...? Lagi sibuk ya ...”
“Nngg ... biasa Kak ... banyak kerjaan yang musti diselesaiin ...”
“O ... begitu ...! Gimana tugas bikin rekapan jumlah penderita HIV/AIDS berdasarkan umur dan wilayah domisili udah selesai belum?”
“Ya ... ampun! Aduh ... sori banget Kak Karel ... belum kesentuh sama sekali! Aduh ... gimana ya ...”
“It’s oke ...! Gak masalah ... nanti biar aku aja yang ngerjain deh ... soalnya si Albert udah terus-terusan nanyain ... biasa ... buat keperluan Tim Advokasi yang lagi cari data-data ...”
“Yah ... kok jadi ngerepotin Kak Karel ya ... sori banget ya Kak ...!
“Gak apa-apa lagi! Oke kalo gitu selamat ngerjain tugas-tugas ya ... eh kalo lagi ada waktu mampir ke Sekretariat ya ... anak-anak lagi kelimpungan tuh banyak yang harus dikerjain ... oke gitu dulu ya ...”
“Eh ... iya Kak Karel ...”
“Klik ...”


09042010
13.24 WIB
Cah Ayu,
Beberapa hari ini kamu tampak lain
Ada apa Cah Ayu?
Aku lihat keceriaan yang makin menghilang
Aku merasakan ada beban yang sedang melanda
Dan ...
Tidak seperti biasanya
Cah Ayu tidak bercerita kepadaku
Cah Ayu,
Aku cuma bisa berdoa
Supaya Cah Ayu tegar ngadepin entah apapun itu ...

# # #

“Oh ... jadi Cah Ayu yang selama ini dirahasiakan Kak Karel itu Kak Dewi ... memang sih Riska sebenarnya udah ngerasa curiga ngeliat cara natap en perlakuan Kak Karel ke Kak Dewi ... beda!” Riska terbinar-binar melihat lembaran-lembaran kertas yang diberikan Dewi padanya.
“Jujur ... aku sama sekali gak nyangka Ris ... ternyata perasaan Kak Karel lebih dari sekadar adik kepadaku ... aku harus gimana ya Ris?”
“Aduh ... Kak Dewi! Pertanyaannya berat banget! Terus terang aku juga bingung mo kasih advice gimana ...” Riska menghela napas dan nyeruput Strawberry Sparkling Tea yang tadi dipesannya.
“Eh ... sori ya Ris! Bukannya aku kege-eran ... sebenarnya apa sih yang membuat Kak Karel punya perasaan ‘lain’ sama aku ...?”
“Yah Riska juga gak tau persis Kak ...! Kak Karel sangat tertutup untuk hal yang satu ini ... pernah sih Kak Karel ngasih Riska puisi-puisi tentang Kak Dewi ... tapi itu juga top secret abis deh!”
“Kak Dewi ... kalau boleh Riska tau ... perasaan Kak Dewi sendiri gimana? Apalagi Kak Dewi sekarang udah tau perasaan Kak Karel yang sesungguhnya ...” Riska melanjutkan pembicaraannya setelah terdiam beberapa saat.
“Jujur ya Ris ... aku shock banget begitu ngebaca ini ... selama ini aku sama sekali hanya menganggap Kak Karel sebagai sosok seorang Kakak ... Kakak yang baik ... gak lebih! Sekarang ini aku cenderung untuk menghindari pertemuan dan ngobrol dengan Kak Karel ... bukan apa-apa or sok kecakepan ... cuma ya aku masih serba rikuh aja ...” Dewi menghembuskan napas panjang. Ada perasaan tidak enak setelah kata-katanya barusan.
“Kak Dewi ... Riska bisa mahamin itu kok ... nanti Riska coba untuk mancing-mancing Kak Karel ... sapa tau dia mau curhat ma Riska ...” Riska tersenyum dan mencoba mencairkan suasana.
“Makasih ya Ris ... dan satu hal yang perlu kamu tau ... hal ini gak ada hubungannya sama sekali dengan kondisi kesehatan Kak Karel ...”
“Iya ... iya ... Riska ngerti banget hal itu ... Riska percaya Kak Dewi gak pernah masalahin Kak Karel yang kena AIDS ... swear ...! Riska juga udah nganggep Kak Dewi sebagai bagian dari keluarga ... hihihi! Kayak drama aja ya Kak ...”
“Makasih Ris ... kamu emang kayak kakak kamu ... baik en selalu mau mengerti orang lain ...”
“Udah Kak Dewi ... diminum dulu tuh minumannya tar lumutan lagi ...hihihi! Eh ... Kak Dewi kita jalan-jalan yuk ... kan udah lama kita gak muter-muter bareng di Mal ... gimana?”
“Sapa takut ...!” Dewi tertawa. Hatinya sekarang sudah agak lega. Paling tidak dia tidak memendam sendirian apa yang tengah merisaukan hatinya. Tapi, tiba-tiba saja Dewi teringat pada seseorang yang justru telah sekian lama memendam perasaan sendirian. “Kak Karel ... maafkan Dewi ya yang gak bisa punya rasa selain sebagai seorang adik ... mudah-mudahan Kak Karel tidak terus-terusan memendam dan merelakan kenyataan yang terjadi ...sekali lagi maaf Kak Karel!” Dewi menggumam dalam hati.

# # #

Apr 19,2010 07.16
To : Tjah Ajoe
Ulang Tahun adl momen indah sbg ungkapan syukur atas curahan berkat tak terkira dariNya. Momen untuk menapaki hari2 berikutnya dgn kedewasaan & penyerahan lebih lagi.
Semoga tetap jadi insan istimewa yang snantiasa mewarnai mayapada dgn terang kasih & ketulusan hati. Amin.
HAPPY BIRTHDAY!!
Send ...


19042010
07.24 WIB
Bapa,
Apa memang sebaiknya aku bagikan kesesakan ini pada seseorang
Apa memang sebaiknya aku tidak terus-terusan menyimpannya sendiri
Apa memang sebaiknya begitu, ya Tuhan?
Agar aku tidak tenggelam dalam alam perasaanku sendiri
Agar aku tidak terbenam dalam dunia maya khayalku sendiri
Berilah aku petunjuk
Akan apa yang sebaiknya aku lakukan, ya Bapa ...

“Kak Karel ... selamat pagi!” terdengar suara dari depan pintu kamarku.
“Eh ... kayaknya pagi-pagi begini udah ada dewi yang turun dari kahyangan nih!” Aku menoleh ke arah Riska berdiri dan tersenyum menggoda, melihat adikku tersayang sudah berdandan rapi.
“Ah ... emang gak boleh ... pagi-pagi udah cantik ...! Kak ... hari ini ada acara gak?” Riska menghampiri diriku dan seperti biasa bergelayut dengan manja di sampingku.
“Nah ... gak usah basa-basi deh! Kalo ada maunya pasti ngebaik-baikin ... hehehe! Ada apa adikku tersayang? Kebetulan hari ini gak ada acara kemana-mana ...”
“Asik ... kalo gitu anterin Riska jalan-jalan ya ... suntuk nih! Pengen refreshing ...”
“Tuh kan ...! Nngg ... gimana ya ... coba mikir-mikir dulu ...”
“Ih ... mosok sama adik sendiri begitu! Ayo dong Kak ... mau ya ...ya? Pokoknya harus mau ...!
“Hehehe ... iya ... iya ... gitu aja ngambek!” Aku tertawa melihat tingkah Riska. Adikku satu ini memang tak pernah berubah. Tetap Riska yang manja. Kemanjaan yang selalu membuatku tak pernah berhenti untuk mencurahkan kasih sayang dan perhatian.
“Oke ...! Kakak mandi dulu ya ...!”
“Sip deh ...”

Dua jam berselang ...
“Ris ... begitulah perasaan yang selama ini Kakak pendam ... perasaan yang mengasyikkan sekaligus menyesakkan ... karena Kakak tau jarak antara Kakak dan Kak Dewi terlalu jauh dan terlalu dalam ...”
“Kak Karel ... Riska sungguh gak sanggup musti berkata apa ...”
“Ris ... Kamu sudah jadi pendengar yang baik saja itu sudah sangat berarti ... paling gak Kakak bisa melepaskan apa yang selama ini tertanam di dalam hati Kakak ...”
“Hehehe ... Kakak gak nyangka lho ...! Adik Kakak yang satu ini bisa begitu sabar menjadi pendengar tanpa ada selaan sedikit pun ....! Hebat ...euy ...!” Aku mencoba menetralisir suasana dengan banyolan. Banyolan kering tentu saja.
“Sapa dulu dong kakaknya ...! Terus apa yang mo Kakak lakukan ...?”
“Hhmmhhh ... Kakak sadar sesadar-sadarnya ... bahwa kasih sayang sejati adalah memberi yang bisa diberikan tanpa memusingkan balasan ... dan itulah yang Kakak coba untuk terus Kakak lakukan ... dan tentu saja selalu berusaha nyerahin semua ke Om Gondrong terkasih ...!”
“Nah ... seandainya memang Our Lovely Om G punya rencana lain ... alias Kak Dewi ternyata bukan jodoh Kak Karel ... gimana?” Terlihat hati-hati sekali adikku Riska dalam memilih kata-kata. Dia paham kalau aku, sang kakak tercinta, sedang dalam kegalauan hati yang sangat.
“Ris ... sampai saat ini pun Kakak sedang dalam pergumulan untuk dapat pasrah menyerahkan semua ke Tangan Om G ... pasrah untuk dapat menerima apa pun yang terjadi ...”
“Kak Karel ... Riska hanya bisa bantu dalam doa ...”

Tidak ada komentar: